Daun berguguran

Peta Situs Atau Site Map Di Sidebar Blog

Jumat, 25 Maret 2011

Laju Reaksi

Laju reaksi merupakan besarnya perubahan konsentrasi zat pereaksi atau produk reaksi per satuan waktu. Dan laju reaksi di pengaruhi oleh konsentrasi reaktan dan umumnya, persamaan laju reaksi ditentukan dari percobaan .
Hasil pengukuran laju reaksi dari berbagai eksprimen menunjukkan bahwa laju reaksi merupakan fungsi dari konsentrasi zat-zat pereaksinya. Hal ini di rumuskan sebagai Hukum Laju Reaksi.
Ada 4 faktor yang mempengaruhi laju reaksi, yaitu konsentrasi pereaksi, luas permukaan sentuh, suhu, dan katalis.
1. Konsentrasi pereaksi
Laju reaksi umumnya naik dengan bertambahnya konsentrasi pereaksi, dan turun dengan berkurangnya konsentrasi pereaksi. Sebagai contoh, rokok terbakar lebih cepat jika kadar oksigen di naikkan dari -21% (dalam udara terbuka) menjadi 100% (dalam wadah tertutup).
2. Luas Permukaan Sentuh
Untuk reaksi heterogen yakni reaksi yang melibatkan zat-zat pereaksi dengan wujud berbeda, laju reaksi di pengaruhi oleh permukaan sentuh, semakin besar kemungkinan partikel-partikel untuk bertemu dan bereaksi. Sebagai contoh jika kita membuat api unggun, manakah yang lebih mudah terbakar, kayu balok utuh atau kayu balok yang telah di belah- belah ?
Tentunya kayu balok yang telah di belah-belah akan lebih mudah terbakar. Hal ini di karenakan kayu balok yang telah di belah-belah mempunyai total luas permukaan yang lebih besar di bandingkan kayu balok utuh.
3. Suhu
Pengaruh suhu terhadap laju reaksi dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, makanan seperti kentang akan lebih cepat masak jika di goreng dalam minyak panas di bandingkan jika di rebus dalam air. Hal ini karena suhu minyak panas lebih tinggi dibandingkan suhu air mendidih. Demikian pula penyimpangan makanan di lemari es dapat memperlambat laju reaksi perusakan makanan.
Sebagian besar reaksi kimia akan berlangsung lebih cepat pada suhu yang lebih tinggi. Para ahli menemukan bahwa laju reaksi banyak yang menjadi dua kali lipat dengan kenaikan suhu sebesar 100C. oleh karena itu, banyak reaksi di industry yang berlangsung pada suhu tinggi.
4. Katalis
Katalis adalah suatu zat yang dapat mengubah laju reaksi kimia tanpa mengalami perubahan secara kimiawi di akhir reaksi. Katalis yang mempercepat laju reaksi diebut katalis positif atau lebih umum disebut katalis saja. Sedangkan katalis yang memperlambat laju reaksi disebut katalis negative atau lebih umum di sebut inhibitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar